Monday, June 26, 2006

tilang

kenapa nasib gue kena tilang muluk ya? walopun gue sering berhasil lolos tanpa konsekuensi apa2.. hehehe.. >:)

mari kita liat sejarah pertilangan gue:

masa inreyen: (ejaannya bener gak ya?) alias masih dalam tahap uji coba karena waktu itu gue baru belajar nyetir. ketangkep di jl. hangtuah. kata pak polisi sih, itu jalan ada dua jalur, gue mo lurus tp kenapa ngambil kanan? (bayangin ada perempatan jalan, sedangkan jalur yg tersedia cuma 2, so gue ambil kesimpulan yg kanan dong :P) ternyata kesimpulan gue salah, harusnya ambil kiri.. hhh.. melayang 50rebu deh (waktu itu belum terasah kemampuan aktingnya :P)

di pancoran: masih suka dag-dig-dug kalo pas di lampu merah pancoran, karena lalu lintas padat dan antri saat lampu hijau yg sebentar itu menyala.. saat itu ketika lampu merah kembali menyala, posisi sudah ditengah2 arah dari tebet ke gatot subroto, tiba2 mesin mati! panik! help! kendaraan dari arah sebelah sudah mulai berlalu lalang melewati. kebayang kan sendirian ditengah2 jalan besar penuh dengan mobil dengan arah berbeda? akhirnya mesin nyala, tp apadaya, maju kena mundur kena, klakson udah berteriak dari kanan dan belakang.. akhirnya nekat, maju pelan-pelan.. tp.. 'BRAKKKK', bemper depan menyerempet kendaraan yg melaju dari kanan, namun saat itu bmw hitam itu meneruskan jalannya.. hh.. fiuh! berhasil melewati lampu merah ke arah gatsu.. merasa bebas! eh ternyata, bmw hitam muncul dari belakang ribut dengan klaksonnya, jendela diturunkan dan si pengendara, menunjuk2 supaya gue brenti.. aduh! tp untungnya semua selesai dengan damai.. ;) cuma keluar duit 50rebu hihihi.. buat lecet seujung kuku di bodi kiri atas roda belakang bmw itu.

di pancoran (lagi): dari arah cawang ke tebet, perdelapanan berlampu, yg selalu sarat polisi :D. paling sebel kalo jalan kosong, dari jauh terlihat lampu hijau terang menggoda, ngebut dong.. eh pas deket tiba2 lampu berganti warna, mo ngerem tanggung (kasihan mobilnya) sedangkan kalo mo terus ada polisi.. tp saat itu terpaksa, karena lebih sayang mobil :P langsung belok kanan, ciiiittt... eh dihadang polisi (cuma polisinya gak brani menghadang di depan mobil lah.. mo ketabrak?! :P.. dia semprit: pritttttttttt... terpaksa gue memperlambat kecepatan.. pengen berhenti.. tp mobil masih ditengah.. terusin jalan pelan2.. eh kelewat lampu merah kedua, so.. akhirnya 'ah tanggung.. terusin aja...' >:) akhirnya kembali melaju.. menerobos lalu lintas sambil dag-dig-dug.. (supir taksi disebelah sampe ngeliatin gitu sih) sampe pada tikungan masuk pemukiman pertama yg gelap (karena lampu jalannya mati), langsung belok ke situ dan lampu mobil gue matiin jg.. otomatis mobil gue yg kecil item di jalan gelap, mustinya gak keliatan dong.. hhh.. selamet! heheheh...

di margonda: lagi asik ngobrol sama temen sebelah ke arah plaza depok.. tiba di perempatan jalan baru sadar, kok tiba-tiba sendirian gini (saat itu jalan kosong)? otomatis kepala terdongak, ternyata ada lampu merah! dan menyala MERAH! hehehe.. sebelum keterusan, langsung banting setir ke arah jalan baru depok yg menuju jl. raya bogor. namun kerusakan tampaknya sudah terjadi, karena pada saat kita berputar untuk kembali ke jl. margonda, kena semprit polisi yg ada disitu. dan terjadi pembicaraan berikut:

  • me: ada apa pak?
  • cop: tadi kenapa lampu merah diterobos aja?
  • me: lampu merah yg barusan? lho saya kan dari arah jl. raya bogor? kan belok kiri boleh langsung pak?
  • cop: ahh.. kamu dari arah sana kan, tadi saya lihat itu..
  • me: lho.. saya dari jl. raya bogor pak.. mungkin itu tadi picanto merah yg saya lihat muter di jalan baru kali pak.. (memang kebetulan ada mobil yg sama saat itu >:))
  • cop: yg bener kamu! ya udah.. jalan terus..
  • me: (dalem hati) lega... maapin ya pak polisi.. terpaksa.. >:)

di pancoran (lagi lagi): dari arah cawang ke tebet (lagi). saat itu sore.. terbiasa mengambil jalur ke 2 dari kanan untuk kemudian masuk ke jalur 1 dan belok kanan setelah lampu merah. tp saat itu lampu sudah hijau saat mau berpindah jalur, terpaksa terus bablas belok dari jalur ke 2 tsb, yg ternyata pelanggaran! priittttt lagi.. hhh..

  • me: ada apa pak?
  • cop: kamu itu.. masa belok dari jalur tengah sih.. (sambil minta sim dan stnk)
  • me: lho.. kan jalur ada 5 pak.. saya kira jalur 2 masih boleh buat belok kanan..
  • cop: ya gak boleh.. harus jalur plg kanan.. mau kemana nih mbak?
  • me: saya mo pulang pak.. saya lg pindahan, harus buru2 nih..
  • cop: (memeriksa sim) lho rumahnya di menteng ya? deket ya..
  • me: iya pak.. tp saya mo pindah ke jakarta timur.. (coba waktu itu kepikir buat bilang rumah gue pindah ke deket mabes.. mungkin langsung bebas kali gue :P)
  • cop: (memeriksa stnk dan nomor plat mobil) ini nomornya bener kan?
  • me: ya bener lah pak.. saya terimanya jg udah gitu.. (kebetulan nomor platnya hanya 1 huruf belakang aja, yg biasanya 2)
  • cop: coba buka kap mesinnya
  • me: (buka pintu dan terpaksa turun buat ngebukain)
  • cop: mana nomor mesinnya nih?
  • me: wah saya jg gak tau pak.. ini kan mobil kantor.. saya gak pernah ngurusin gitu2an :P
  • cop: (manggil temennya dan kasak kusuk sama temennya itu, dan akhirnya tinggal temennya yg berhadapan ma gue)
  • me: (udah siap berangkat) udah belom pak? (sambil meminta sim dan stnk dari polisi itu)
  • cop: (mau gak mau ngebalikin sim dan stnk gue tanpa berkata2)
  • me: (dalam hati) hihihih.. bebas euy..

di tomang: saat itu pengen ngambil jalur tol ke arah pancoran.. sempet terlihat bahwa pintu tol 200m di depan, namun kendaraan dari kiri terus menerus.. sampe akhirnya marka jalan terlewati, terpaksa perlahan2 memotong marka, tp saat mau masuk pintu tol disemprit polisi lagi. aduh! menepi di mulut pintu tol, dan membuka jendela..

  • me: ada apa pak? saya kan gak nyusahin sapa2 pak (memang pas saat memotong marka, jalan lg sepi :P)
  • cop: bukan itu! tp kamu melanggar marka jalan.. (sambil minta sim dan stnk)
  • me: yah pak.. maap deh.. terpaksa..
  • cop: ya udah pilih mana, mau ditahan sim apa stnk?
  • me: wah sim aja pak.. gak enak saya.. ini kan mobil kantor (sambil mengambil stnk)
  • cop: trus pilih mana, mau bayar di bii apa di kapolres?
  • me: brapa sih pak?
  • cop: wah gak enak saya, ntar kalo saya bilang dikira saya minta lagi.. langsung aja ke bank/kantor aja. trus pilih tilang apa sidang? kalo tilang nanti urus di kapolres jakbar, trus ambil simnya di cengkareng. kalo sidang, urus di (gue lupa) simnya jg ambil di cengkareng.
  • me: ya sudahlah.. sidang ajalah pak.
  • cop: (merasa gak yakin) bener nih?
  • me: lah iya.. emang ada pilihan lain? soalnya saya belum pernah ditilang sih pak.. >:)
  • cop: jadi maunya gimana?
  • me: ya kalo bpk tanya mau saya, saya pengennya sim saya dibalikin pak..
  • cop: (udah capek kali ye :P, ketawa dan akhirnya ngebalikin sim gue)
  • me: (dalem hati) fiuhhh.. selamet lagi
  • pas bayar tol, si penjaganya sampe tanya 'bayar brapa mbak?', 'nggak bayar tuh, pura2 polos aja deh' jawab gue, 'wah bagus2' katanya lagi. hehehe..

yah.. panjang ya :P cuma pengen berbagi pengalaman sih.. jadi besok2 bisa lebih hati2.. (bisa gak ya gue? :P)

8 Comments:

At 5:36 PM, Blogger juwi said...

Hehehehe, melihat sejarah per-tilang-an elu, sepertinya elu makin lama makin pintar..hehehehehe....

 
At 6:00 PM, Blogger biKi said...

yah.. spt kata mereka: pengalaman adalah guru yg paling baik :P

 
At 8:16 AM, Blogger agorsiloku said...

ha...ha... ha... bilang saja
86 Pak, saya juga anaknya anggota...
Met Siang Ya Pak, sy buru-buru nih...daag.
Kalo nggak bisa yakin, letakan topi abri di dasbor gitu. kalo sampe kantor, simpan di laci...

 
At 8:45 AM, Blogger Simply Baby said...

ha ha ha ... biki2, polosnya berguna! lucu juga bacanya sambil ngebayangin tampang elu!! :P

 
At 8:52 AM, Blogger biKi said...

wah kalo dah bawa2 topi abri trus ketauan bohong, bisa2 bener2 ketangkep pak :P

bab: don't judge a book by the cover >:)

 
At 4:15 PM, Blogger Dodol Surodol said...

Ya kan elu nggak bilang topi ABRI itu punya elu, Bik, jadi nggak bisa dibilang boong. Paling kalo ampe ditanya, bilang aja, punya temen saya, Pak. Nggak bakal deh ditanya ama dia, temen apa temen?

 
At 5:19 PM, Blogger biKi said...

:)) kecuali kalo polisinya itu elo ren >:)

 
At 5:21 PM, Blogger Dodol Surodol said...

Nggaklah, kan gua udah janji.

 

Post a Comment

<< Home